Selasa, 31 Desember 2013

Denah Rumah Sekaligus Tempat Usaha dan Kos-kosan di Lahan Sempit (6 x 12 M2) part 2

Happy New Year  Sobat. Malam ini saya mau share denah rumah untuk desain rumah sekaligus tempat usaha dan kos-kosan dilahan 72 meter persegi. Seperti yang telah saya terangkan dipostingan saya sebelumnya (Desain Rumah Sekaligus Tempat Usaha dan Kos-kosan di lahan 6x12). Desain rumah ini terdiri dari 3 lantai yang detail denahnya bisa sobat lihat digambar berikut:

DENAH LANTAI 1
denah lantai 1 rumah usaha dan kos-kosan 6x12 mtr
Seperti yang terlihat pada gambar denah lantai 1 terdiri dari carport dan mini garden dengan ukuran 6 x 4 meter. berikutnya ada ruang usaha berukuran 5 x 3 meter yang saya pecah menjadi 2 ruang usaha masing2 berukuran 2,5 x 3 meter. Ruang usaha ini saya gunakan sebagai ruang admin/office bimbel privat saya dan ruang show room untuk baby shop saya. Anda bisa memanfaatkannya untuk usaha lain sesuai minat anda dan anda juga bisa membiarkan ruang usaha ini tetap 1 ruang berukuran 5 x 3 meter jika memang usaha anda membutuhkan ruang yang agak lebih besar. sisa lahan disamping ruang usaha saya manfaatkan sebagai lorong penghubung pintu masuk dengan ruang tamu. di lorong ini saya manfaatkan sebagai taman mini yang merupakan perpanjangan taman depan. hanya saja karena lahan yang sangat terbatas taman ini saya konsep sebagai ruang kosong dengan rumput dan foot step yang atasnya beratapkan pergola yang ditumbuhi tanaman rambat yang menjulur ke bawah. antara lorong dengan ruang tamu tidak ada lagi sekat agar ruang tamu terkesan terbuka dan menyatu dengan taman. Ukuran ruang tamu rumah ini 3 x 2.5 meter. dibelakang ruang tamu ada sebuah kamar berukuran 3 x 2.5 yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur tamu atau bisa juga sebagai ruang tidur anggota keluarga. ruang tidur ini memiliki sebuah jendela yang mengarah pada taman belakang rumah. Disamping ruang tamu ada kamar mandi dan dapur. kamar mandi tempat usaha dan kamar mandi keluarga berada dalam satu deret dengan pintu yang berseberangan, ukurannya (2 x 1,5 x 1,5 meter). Di belakang kamar mandi ada dapur minimalis yang hanya dibedakan dari ruang tamu berdasarkan ketinggian lantainya saja. Saya tidak membuat sekat agar dapur ini tidak terasa sumpek meskipun kecil dan agar ruang tamu juga terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Dapur mini ini terletak dibawah tangga menuju lantai 2. Ukurannya 3 x 2 meter. Sementara itu sisa lahan berukuran 3 x 1.5 meter sengaja saya manfaatkan sebagai taman mini lainnya yang disini sebagai kolam ikan dengan air terjun buatan. diatas kolam ada dek kayu berukuran 1.35 x 1.25 meter sebagai tempat lesehan untuk menikmati kolam dan sebagai tempat sholat mini (bukan untuk sholat berjamaah).

DENAH LANTAI 2
Denah lantai 2 rumah usaha dan kos-kosan 6 x 12

Lantai 2 hampir seluruhnya dimanfaatkan sebagai rumah tinggal karena fungsi utama rumah ini adalah sebagai rumah tinggal. dibagian paling depan rumah sebagai atap carport saya buat sebuah dek terbuka yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tongkrongan/tempat belajar santai para siswa bimbel/sekaligus ruang tamu warga kosan. Dibelakangnya ruang tidur utama dengan kamar mandi dalam berukuran 5 x 3 meter dengan jendela menghadap ke arah samping rumah langsung dengan atap pergola yang ditumbuhi tanaman rambat. ini membuat seolah-olah ruang tidur ini memiliki taman sendiri/ berhadapan dengan taman atap. Keluar ruang tidur ada ruang santai keluarga yang digunakan sebagai tempat kumpul keluarga untuk melakukan aktivitas santai seperti nonton tv atau sekedar ngobrol bersama. ruang keluarga ini berukuran 3 x 2.5 meter sama persis seperti ruang tamu hanya saja disalah satu sisinya bukan sekat masif melainkan hanya berupa pagar teralis setinggi 80 cm. sehingga dari ruang keluarga kita bisa langsung melihat roof garden dan waterfall buatan dibelakang rumah. Di belakang ruang keluarga ada sebuah kamar tidur lagi yang memiliki jendela menghadap ke roof garden lantai 2. Ok tentang roof garden di lantai 2 ini, sebenarnya adalah atap untuk tempat sholat mini dibawahnya. agar bermanfaat maka atap kecil ini dibuat sebagai roof garden mini yang mungkin lebih mirip pot besar yang ditumbuhi beberapa jenis tanaman. Air terjun disampingnya dibuat hingga lantai 2 sehingga dari lantai 2 pun kita masih dapat menikmati indahnya air terjun buatan ini.

DENAH LANTAI 3
Denah lantai 3 rumah usaha dan kos-kosan 6 x 12

Lantai 3 rumah ini dimanfaatkan sebagai ruang service dan kamar kos lengkap dengan dapur super mini dan tempat cuci jemur pakaian serta 1 kamar mandi untuk warga kosan. Memang kamarnya tidak berukuran besar dikarenakan lahan yang terbatas tapi ruang yang kecil ini nantinya bisa disiasati dengan perabotan kamar yang compact sehingga tetap bisa berfungsi optimal dan tetap terasa nyama berada di dalam kamar. Faktor yang tidak boleh dilupakan adalah harus ada jendela yang menghadap keluar ruangan dengan ukuran yang lumayan agar udara dan cahaya di dalam kamar dapat masuk dan berganti dengan baik. tujuannya untuk mengurangi kesan sempit di dalam kamar.

Berikut beberapa gambar lain tentang detail desain rumah ini:
detail lantai 1
detail lantai 2

detail lantai 3
detail split level ruang cuci jemur dan ruang kerja di tangga

detail taman belakang
Ok sob buat desain rumah hunian sekaligus tempat usaha dan kos-kosan dilahan 6 x 12 meter cukup sampai disini. Berikutnya saya akan coba mengeksplorasi lahan ukuran 4 x 20 meter untuk tempat usaha, galeri seni, rumah tinggal sekaligus kos-kosan. Di nanti ya...(^_^)

1 komentar:

  1. Wah ini yg saya cari...cuma ukurannya beda dikit,ukuran tanah saya 5x12 meter,kira-kira konsep pake desain ini bisa gak ya Bunda Salwa? terima kasih.

    BalasHapus